NEWS UPDATE :  

Liputan

Pendidikan Guru Penggerak

SMAN 1 Montong | Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan Pendampingan selama 6 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.

A.     Kerangka Desain Program Pendidikan Guru Penggerak

·         Topik Utama

o   Pemimpin Pembelajaran

o   Pembelajaran Berdeferensiasi

o   Komunitas Praktik

o   Pembelajaran Sosial dan Emosi

·         Metode Pelatihan

Pelatihan Daring, Lokakarya, Konferensi, dan Pendampingan

o   70% Belajar di tempat kerja dan Komunitas Praktik meliputi pemberian umpan balik dari atasan, rekan, dan siswa

o   20% Belajar dari rekan dan guru lain

o   10% Pelatihan Formal

·         Asesmen

o   Hasil penugasan dan praktik peserta pelatihan

o   Umpan balik dari rekan sejawat, fasilitator, dan kepala sekolah

o   Peningkatan hasil belajar siswa

·         Prinsip Pelatihan

o   Andragogi

o   Pembelajaran Berbasis Pengalaman

o   Kolaboratif

o   Reflektif

B.     Materi dan Capaian Pembelajaran

Modul 1. Paradigma dan Visi Guru Penggerak

·         Capaian Pembelajaran

o   Calon Guru Penggerak mampu memahami filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan melakukan refleksi kritis atas hubungan nilai-nilai tersebut dengan konteks pendidikan lokal dan nasional pada saat ini.

o   Calon Guru Penggerak mampu menjalankan strategi sebagai pemimpin pembelajaran yang mengupayakan terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter dengan budaya positif.

o   Calon Guru Penggerak mampu mengembangkan dan mengkomunikasikan visi sekolah yang berpihak pada murid kepada para guru dan pemangku kepentingan.

·         Topik Pembelajaran

o   Filosofi Pendidikan Indonesia

o   Nilai-nilai dan peran Guru Penggerak

o   Membangun visi sekolah

o   Membangun budaya positif di sekolah

·         Durasi pembelajaran: Dua (2) bulan

Modul 2. Praktik Pembelajaran yang berpihak pada murid

·         Capaian Pembelajaran

o   Calon Guru Penggerak dapat mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang berbeda.

o   Calon Guru Penggerak mampu mengelola emosi dan mengembangkan keterampilan sosial yang menunjang pembelajaran.

o   CGP mampu melakukan praktik komunikasi yang memberdayakan sebagai keterampilan dasar seorang coach .

o   Calon Guru Penggerak mampu menerapkan praktik coaching sebagai pemimpin pembelajaran.

·         Topik Pembelajaran

o   Pembelajaran berdifferensiasi

o   Pembelajaran emosi dan sosial

o   Coaching

·         Durasi pembelajaran: Dua (2) bulan

Modul 3. Pemimpin Pembelajaran dalam pengembangan sekolah

·         Capaian Pembelajaran

o   Calon Guru Penggerak mampu melakukan praktik pengambilan keputusan yang berdasarkan prinsip pemimpin pembelajaran.

o   Calon Guru Penggerak mampu melakukan strategi pengelolaan sumber daya manusia, keuangan, waktu, dan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berdampak pada murid.

o   Calon Guru Penggerak mampu merencanakan, mengorganisasikan, dan mengarahkan program perbaikan dan perubahan sekolah, serta memantaunya agar berjalan sesuai rencana dan mengarah pada tujuan.

o   Calon Guru Penggerak mampu mengembangkan kegiatan berkala yang memfasilitasi komunikasi murid, orangtua dan guru serta menyediakan peran bagi orangtua terlibat dalam proses belajar yang berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran.

·         Topik Pembelajaran

o   Pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran

o   Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya

o   Pengelolaan program yang berdampak pada murid

·         Durasi pembelajaran: Dua (2) bulan

Modul 4. Selebrasi, Refleksi, Kolaborasi dan Aksi

·         Capaian Pembelajaran

o   CGP merefleksikan perannya sebagai GP dan strategi yang telah dijalankan sebagai guru penggerak.

o   CGP berbagi praktik baik dengan rekan sejawat.

o   CGP membuat rencana tindak lanjut dan kolaborasi dengan rekan sejawat.

o   Calon guru penggerak membuat rencana tindak lanjut dan berkolaborasi dengan rekan sejawat.

·         Topik Pembelajaran

o   Menjadi fasilitator kelompok dan perubahan

o   Penyegaran topik-topik inti di modul 1, 2, dan 3

o   Mengevaluasi proses mentoring bersama mentor

o   Membagikan praktik baik kepemimpinan pembelajaran.

·         Durasi pembelajaran: Tiga (3) bulan


Sumber: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/detil-program/