
Pendidikan Guru Penggerak
SMAN 1 Montong | Pendidikan Guru
Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi
pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya,
konferensi, dan Pendampingan selama 6 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama
program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.
A.
Kerangka
Desain Program Pendidikan Guru Penggerak
·
Topik
Utama
o Pemimpin Pembelajaran
o Pembelajaran Berdeferensiasi
o Komunitas Praktik
o Pembelajaran Sosial dan Emosi
·
Metode
Pelatihan
Pelatihan
Daring, Lokakarya, Konferensi, dan Pendampingan
o 70% Belajar di tempat kerja dan
Komunitas Praktik meliputi pemberian umpan balik dari atasan, rekan, dan siswa
o 20% Belajar dari rekan dan guru
lain
o 10% Pelatihan Formal
·
Asesmen
o Hasil penugasan dan praktik
peserta pelatihan
o Umpan balik dari rekan sejawat,
fasilitator, dan kepala sekolah
o Peningkatan hasil belajar siswa
·
Prinsip
Pelatihan
o Andragogi
o Pembelajaran Berbasis Pengalaman
o Kolaboratif
o Reflektif
B.
Materi
dan Capaian Pembelajaran
Modul 1. Paradigma
dan Visi Guru Penggerak
·
Capaian
Pembelajaran
o
Calon
Guru Penggerak mampu memahami filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan
melakukan refleksi kritis atas hubungan nilai-nilai tersebut dengan konteks
pendidikan lokal dan nasional pada saat ini.
o
Calon
Guru Penggerak mampu menjalankan strategi sebagai pemimpin pembelajaran yang
mengupayakan terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter dengan
budaya positif.
o
Calon
Guru Penggerak mampu mengembangkan dan mengkomunikasikan visi sekolah yang
berpihak pada murid kepada para guru dan pemangku kepentingan.
·
Topik
Pembelajaran
o
Filosofi
Pendidikan Indonesia
o
Nilai-nilai
dan peran Guru Penggerak
o
Membangun
visi sekolah
o
Membangun
budaya positif di sekolah
·
Durasi
pembelajaran: Dua (2) bulan
Modul 2. Praktik
Pembelajaran yang berpihak pada murid
·
Capaian
Pembelajaran
o
Calon
Guru Penggerak dapat mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi untuk
mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang berbeda.
o
Calon
Guru Penggerak mampu mengelola emosi dan mengembangkan keterampilan sosial yang
menunjang pembelajaran.
o
CGP
mampu melakukan praktik komunikasi yang memberdayakan sebagai keterampilan
dasar seorang coach .
o
Calon
Guru Penggerak mampu menerapkan praktik coaching sebagai pemimpin
pembelajaran.
·
Topik
Pembelajaran
o
Pembelajaran
berdifferensiasi
o
Pembelajaran
emosi dan sosial
o
Coaching
·
Durasi
pembelajaran: Dua (2) bulan
Modul 3. Pemimpin
Pembelajaran dalam pengembangan sekolah
·
Capaian
Pembelajaran
o
Calon
Guru Penggerak mampu melakukan praktik pengambilan keputusan yang berdasarkan
prinsip pemimpin pembelajaran.
o
Calon
Guru Penggerak mampu melakukan strategi pengelolaan sumber daya manusia,
keuangan, waktu, dan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran yang berdampak pada murid.
o
Calon
Guru Penggerak mampu merencanakan, mengorganisasikan, dan mengarahkan program
perbaikan dan perubahan sekolah, serta memantaunya agar berjalan sesuai rencana
dan mengarah pada tujuan.
o
Calon
Guru Penggerak mampu mengembangkan kegiatan berkala yang memfasilitasi
komunikasi murid, orangtua dan guru serta menyediakan peran bagi orangtua terlibat
dalam proses belajar yang berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran.
·
Topik
Pembelajaran
o
Pengambilan
keputusan sebagai pemimpin pembelajaran
o
Pemimpin
dalam pengelolaan sumber daya
o
Pengelolaan
program yang berdampak pada murid
·
Durasi
pembelajaran: Dua (2) bulan
Modul 4. Selebrasi,
Refleksi, Kolaborasi dan Aksi
·
Capaian
Pembelajaran
o
CGP
merefleksikan perannya sebagai GP dan strategi yang telah dijalankan sebagai
guru penggerak.
o
CGP
berbagi praktik baik dengan rekan sejawat.
o
CGP
membuat rencana tindak lanjut dan kolaborasi dengan rekan sejawat.
o
Calon
guru penggerak membuat rencana tindak lanjut dan berkolaborasi dengan rekan
sejawat.
·
Topik
Pembelajaran
o
Menjadi
fasilitator kelompok dan perubahan
o
Penyegaran
topik-topik inti di modul 1, 2, dan 3
o
Mengevaluasi
proses mentoring bersama mentor
o
Membagikan
praktik baik kepemimpinan pembelajaran.
·
Durasi
pembelajaran: Tiga (3) bulan
Sumber: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/detil-program/